UPK Montong, Bagikan Sembako dari Surplus Dana Eks PNPM

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, yang kini mengelola dana Eks PNPM Mandiri, membagikan Bantuan Sosial (Bansos) berupa paket Sembako kepada masyarakat miskin, Jumat (16/6/2017).

Pembagian paket Sembako yang telah menjadi agenda tahunan tersebut berjumlah sebanyak 520 paket yang dibagikan di 13 desa se-Kecamatan Montong.

Menurut Kepala UPK Montong Syaikhul Anam mengatakan, tahun ini jumlah paket Sembako sebanyak 520 paket, dengan total apa babila diuangkan sebesar Rp48 juta. "Rata-rata per desa menerima 40 paket," katanya.

Ia menambahkan, dana pembagian bansos tersebut bersumber dari Alokasi Surplus UPK tahun 2016, yang mana 15 persen dari surplus tersebut harus digunakan untuk kegiatan sosial.

Sementara itu, M. Masrudin Sekretaris UPK Montong mengatakan, setiap tahun dana yang dikelola oleh UPK mempunyai surplus, dan 15 persen dari total surplus itu, salah satunya digunakan untuk kegiatan sosial.

"Setiap tahun punya surplus atau laba, dan 15 persen dari total surplus tersebut digunakan untuk kegiatan sosial, seperti halnya pembagian Sembako ini," tambahnya.

Dengan adanya Bansos seperti ini, ia berharap pemerintah desa maupun masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan UPK. Agar Bansos ini bisa sukses dan tepat sasaran.[hud/col]