Pembuatan Kartu Nelayan Baru Capai 8 Ribu

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pembuatan kartu nelayan di Kabupaten Tuban belum sepenuhnya terealisasi. Dari keseluruhan nelayan yang terdata, baru ada sekitar kurang dari setengah yang memiliki kartu Nelayan.

"Belum sepenuhnya para nelayan memiliki kartu nelayan," Kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Priyo Anggodo kepada blokTuban.com

Dari total keseluruhan jumlah nelayan sebanyak 18551 yang sudah memiliki kartu nelayan baru sekitar 8150. "Dan itu artinya masih banyak nelayan yang belum memiliki kartu nelayan. Masih banyak yang belum memiliki Kartu Nelayan, itu sedang kita fikirkan langkahnya," jelasnya.

Menurutnya, kondisi masyarakat memang belum sepenuhnya mengerti keberadaan kartu nelayan tersebut. Hal itu dimungkinkan karena kurangnya sosialisasi.

"Masih banyak nelayan yang tidak tahu bahwa ada program kartu Nelayan. Kita akan upayakan semua nelayan yang sudah terdaftar di dinas mendapat Kartu tersebut," pungkasnya.

Kartu nelayan memiliki beberapa manfaat. Di antaranya, akan diprioritaskan saat membeli bahan bakar dengan skala besar. Selain itu juga bisa untuk mendaftar asuransi nelayan. [nok/col]