Pengguna Jasa Pos Meningkat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sejak awal hingga pekan ke dua Ramadan 1438 Hijriah (H), pengguna jasa PT Pos Indonesia di Tuban, oleh masyarakat mengalami peningkatan. Keadaan ini diprediksi akan terus terjadi lonjakan hingga Lebaran Idul Fitri tahun 2017 ini.

Kepala Cabang PT Pos Indonesia, Kecamatan Jatirogo, Chudori mengungkapkan, pengguna jasa pengiriman surat dan barang naik drastis 100 persen lebih, dibanding bulan sebelumnya. Selain itu, peningkatan juga tampak pada transaksi pengiriman maupun pengambilan melalui wesel.

"Kenaikannya lebih dari 100 persen. Pada bulan sebelum Ramadan, rata-rata perhari pengiriman surat dan barang mencapai 40 transaksi perhari. Sedangkan memasuki pekan ke dua ini rata-rata perhari bisa mencapai 91 transaksi," jelas Chudhori saat ditemui di Kantor Pos yang berada di jalan raya Jatirogo itu.

Sedangkan untuk pengguna wesel di hari biasa rata-rata 2 hingga 4 pengiriman setiap harinya. Sementara di bulan puasa ini 3 hingga 7 kali pengiriman.

Kenaikan yang mencolok juga terlihat dari pengambilan wesel. Menurut, Kepala Cabang PT Pos Indonesia asal Jenu itu, pengambilan wesel bisa mencapai 17 transaksi per hari.

"Sejak awal puasa sudah mulai ada kenaikan warga mengambil wesel. Kita prediksi, puncaknya pada h-7 hingga usai lebaran," imbuhnya.

Hel serupa juga dilontarkan Kepala Cabang PT Pos Indonesia di Kecamatan Bangilan, Sumarto. Menurut pria berbadan tegap itu menuturkan, kenaikan pengguna jasa Pos di Bangilan mengalami lonjakan yang berarti. Hal itu terbukti dari 5 transaksi pengiriman barang perhari ketika hari-hari biasa, kini naik menjadi 20 transaksi perhari.

"Pengiriman tertinggi adalah bisnis Online, seperti hijab," pungkasnya.[rof/ito]