Besok Pendaftaran SMP Jalur Khusus Dibuka

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur khusus tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tuban dibuka besok. Pendaftaran dilakukan selama dua hari yakni, Kamis - Jumat (8-9/6/2017).

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan, Sutarno mengatakan jalur khusus yang dimaksud kali ini ditujukan bagi mereka yang memiliki kemampuan dan keahlian lebih di bidang akademik ataupun non akademik. Artinya mereka dapat masuk sekolah unggulan yang diinginkan tanpa melalui tes terlebih dahulu.

Ada empat bidang yang dimenangkan dalam olimpiade. Pertama bidang akademik, olahraga, seni dan menghafal sedikitnya 3 juz dalam AlQuran. Untuk tiga bidang pertama terdapat catatan khusus yakni jika kemampuan tersebut didukung sertifikat yang dikeluarkan lembaga pemerintahan tingkat provinsi.

"Minimal pernah menjuarai 1 olimpiade tingkat Provinsi atau di bawah harapan dua jika di tingkat nasional," kata Tarno, kepada blokTuban.com, Rabu (7/6/2017).

Pendaftaran jalur khusus, tambahnya akan dilakukan di masing-masing​ sekolah tingkat SMP. Harapannya dengan dibukanya jalur khusus dapat menginspirasi pelajar untuk giat belajar untuk mendapatkan pendidikan lebih baik lagi.[dwi/ito]