PPDB SMP di Tuban Akan Berjalan Serentak

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tuban direncanakan akan diberlakukan tes penerimaan bersamaan. Hal ini berbeda dari sebelumnya yang melakukan tes hingga dua kali yang dibagi antara sekolah unggulan dan tidak.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid menjelaskan, jika sebelumnya semisal SMPN 1 dan SMPN 3 melakukan tes penerimaan terlebih dahulu, sekarang tidak lagi. Sebab, nantinya beberapa sekolah yang dibagi berdasarkan rayon pada PPDB SMP akan bersamaan pelaksanaannya.

"Sesuai Perda yang  berlaku tetap ada sekolah unggulan dalam prestasi, namun dalam PPDB tidak lagi didahulukan," kata Nur Khamid kepada blokTuban.com.

Seperti di ketahui tahun ini pertama kali Kabupaten Tuban menangani sekolah di jenjang PAUD, SD dan SMP. Sedangkan untuk tingkat SMA kini telah diambil alih Pemerintahan tingkat Provinsi Jawa Timur.

"Karena belum ditandatangani kepala dinas terkait teknisnya sementara belum dapat memberikan informasi​ banyak," kata mantan Kepala SMAN Soko ini.[dwi/col]