Jelang Lebaran Jalan Raya Jatirogo-Bulu Berlubang

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menjelang Lebaran sudah seharusnya jalan yang dilalui pemudik bebas dari kerusakan. Sebab, jika tidak menguasai medan pengguna jalan pasti rawan kecelakaan.

Namun hal itu tidak bisa ditemui pada jalan raya Bancar-Jatirogo yang menjadi penghubung jalur alternatif Tuban Selatan dengan jalur Pantai Utara (Pantura) di Kabupaten Tuban. Justru, jalan sepanjang sekitar 15 kilo meter (km) rusak dan berlubang.

Warga Besowo, Kecamatan Jatirogo, Abdul Salam (60) mengatakan, sudah lama jalan di dekat sawahnya rusak dan berlubang hampir memakan semua badan jalan. Sehingga, ketika malam dan saat hujan turun, banyak kubangan yang berbahaya bagi pengendara.

"Sudah lama aspalnya mengelupas, tapi kok belum diaspal lagi. Kasihan warga yang melintas," ucap petani yang ditemui blokTuban.com yang sedang berada di sawah dekat kerusakan jalan itu, Minggu (4/6/2017).

Dia berharap kerusakan jalan menuju Jatirogo-Bulu itu segera diperbaiki, agar pengguna jalan aman saat berkendara. Selain itu, agar tidak sampai ada korban jiwa yang direnggut di atas kerusakan jalan saat mudik mendatang.

Hal senada juga diungkapkan warga lain Rasman (50). Tidak hanya pada jalur poros Kecamatan yang mengalami kerusakan. Beberapa titik jalur poros desa di tempat tinggalny juga dipenuhi banyak lubang.

"Bukan hanya jalur ini saja, jalur masuk Desa Besowo ini juga rusak akibat kendaraan bermuatan melebihi tonase," imbuh pria yang mengenakan baju lusut di kebunnya itu, saat diminta keterangan oleh blokTuban.com.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, jika dihitung dari Kecamatan Jatirogo hingga Kecamatan Bancar spot kerusakan terdapat hingga ratusan lubang. Ukurannya pun bervariasi ada yang lebar dan ada yang kecil, namun lubangnya cukup dalam.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Tuban, Kholiq Qunaisih mengaku, pihaknya sudah meminta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di masing-masing wilayah agar memperbaiki secara darurat. Hal itu dilakukan sambil menunggu proses perbaikan permanen tahun 2017 ini.

"Saat ini sedang diadakan lelang untuk perbaikan jalan Bulu-Jatirogo tersebut. Namun pihak Dinas juga sudah menugaskan kepada Kepala UPT Bancar untuk menangani darurat sambil menunggu perbaikan permanen," terang Kholiq saat dikonfirmasi blokTuban.com melalui ponselnya.[rof/col]