DPUPR Sebut Over Tonase Tengarai Kerusakan Jalan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kerusakan jalan yang terjadi di wilayah Kabupaten Tuban sudah lama ditengarai akibat muatan yang melebihi batas maksimal (over tonase) pada kendaraan angkutan. Sebab, ruas jalan harus menahan beban di atas kemampuannya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Tuban, Kholiq Qunaisih mengatakan, selama ini masih banyak kendaraan melintas di ruas jalan poros kecamatan yang muatannya melebihi tonase. Seperti yang ada di jalur Bulu-Jatirogo, sehingga mempercepat kerusakan.

"Frekwensi kendaraan bermuatan juga mempengaruhi kerusakan jalan, pihak Dinas Perhubungan semestinya bisa cek muatan dengan uji petik lapangan," ujar Kholiq saat dikonfirmasi blokTuban.com, Minggu (4/6/2017).

Untuk itu, pihaknya juga memohon masyarakat pro aktif menyikapi kerusakan jalan. Sebab, jalur tersebut mengalami kerusakan diduga akibat kendaraan yang melebihi tonase.

Pihaknya juga menghimbau, masyarakat agar hati-hati saat melintas. Disamping itu, masyarakat juga sekaligus ikut memantau dan melaporkan ke petugas apabila didapati kendaraan bermuatan melebihi kapasitas jalan.

"Jika masih ditemukan kendaraan tonase diharapkan melapor ke Dinas Perhubungan yang punya kewenangan kontrol kelas jalan," pungkasnya.[rof/ito]