KPR Syariah Mulai Dilirik Masyarakat Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kredit Pemilikan Rumah (KPR) berbasis syariah mulai diminati masyarakat Tuban. Salah satu sebabnya karena Down Payment (DP) atau uang muka ditentukan oleh calon pembeli.

Kebutuhan papan atau tempat tinggal menjadi salah satu hal penting saat ini. Ditambah harga lahan yang kian tahun bertambah naik tidak pelak para developer kian meningkat harga tawar mereka.

Marketing salah satu pengembang perumahan di Tuban, Maskit mengatakan sejauh ini pengambilan kredit rumah berbasis syariah cukup baru di Tuban. Namun terhitung setiap bulannya penjulan dapat mencapai maksimal sekitar lima transaksi.

"Karena kita cukup fleksibel. Semisal waktu awal menentukan tenor (lama kredit, red) 10 tahun untuk sebuah rype rumah, namun kurang dari waktu tersebut sudah dapat dilunasi tidak menjadi masalah," katanya kepada blokTuban.com.

Pada penjualan perumahan syariah saat ini untuk tipe 40 dan 45 berada di kisaran Rp 300 juta hingga Rp 500 juta. Harga tersebut disesuaikan jangka waktu yang diambil ketika mengajukan kredit.[dwi/ito]