Studi: Hati-hati, Malas Ternyata Bisa Menular

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Apakah Anda punya teman atau rekan kerja yang malas? Bila ya, Anda harus berhati-hati untuk tidak terlalu dekat dengan mereka. Sebab, penelitian baru saja menemukan bahwa kemalasan ternyata bisa menular.

Di samping rasa malas, para psikolog dari French National Institute of Health and Medical Research juga menemukan bahwa ketidaksabaran dan sikap skeptis juga bisa disebarkan dari satu orang ke orang lainnya.

Untuk memeriksa hal ini, kedua peneliti yaitu Marie Devaine and Jean Daunizeau meminta 56 partisipan untuk menyelesaikan beberapa tugas yang menguji ketiga sifat tersebut.

Dalam tugas pertama, partisipan diminta menggenggam sebuah alat untuk mendapatkan hadiah. Di sini partisipan dinilai berdasarkan usaha mereka menggenggam alat tersebut. Semakin kuat mereka menggenggam, semakin besar pula hadiahnya.

Pada tugas kedua, partisipan diminta untuk memilih antara hadiah kecil setiap tiga hari atau hadiah besar setelah setahun menunggu.

Terakhir, partisipan boleh memilih antara hadiah kecil yang kemungkinan menangnya 90 persen atau hadiah besar yang kemungkinan menangnya hanya 10 persen.

Ketiga tugas ini diulang beberapa kali dan sebelum dikerjakan, para peneliti memberitahu mereka hasil dari partisipan sebelumnya.

Diungkapkan dalam jurnal PLOS Computational Biology, para peneliti menemukan bahwa manusia belajar untuk malas, tidak sabar, dan skeptis dari orang lain, walaupun hanya 19 persen dari partisipan yang menyadarinya.

“Kita telah menunjukkan bahwa sikap seseorang terhadap usaha, keterlambatan, dan resiko mengikuti orang lain,” tulis para peneliti. [col]

Sumber: kompas.com