Wabup Harapkan PKH Entaskan Keluarga Prasejahtera

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Program Keluarga Harapan (PKH) dari Menteri Sosial telah sejak 2007 lalu masuk di Kabupaten Tuban. Untuk itu, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein berharap program yang berjalan hingga kini itu dapat membantu mengentaskan keluarga prasejahtera sehingga mandiri kemudian hari.

"Program yang memiliki syarat tertentu bagi penerimanya ini semoga tepat sasaran dan mampu mengentaskan kemiskinan di Tuban," kata politisi asal PKB ini.

Pada 10 tahun lalu, PKH baru menyasar 7 kecamatan di Tuban dengan total 7.461 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kemudian hingga 2016 lalu, KPM berkembang menjadi 21.003 yang mencakup 20 Kecamatan di Tuban.

Seperti diketahui bantuan ini hanya diberikan kepada keluarga prasejahtera dengan ketentuan tertentu. Di antaranya mereka yang memiliki ibu hamil, balita, anak sekolah, disabilitas hingga manula.

Kemudian, dalam jangka waktu lima tahun lebih penerima bantuan PKH dibentuk sebuah Kelompok Usaha Bersama atau KUBE. Dimana setelah pelatihan, pembinaan dan pendampingan dilakukan penerima ini akan dilepas untuk kemudian memiliki usaha  mandiri. [dwi/col]