Warga Jenu Labrak Pengolahan Pabrik Pasir Kuarsa

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Puluhan warga Desa/Kecamatan Jenu, Kabupaten​ Tuban, melabrak sebuah tempat pengolahan pasir kuarsa di desa setempat, Jumat (25/5/2017).

Tempat pengolahan pasir milik CV. Bara Niaga Sejahtera tersebut diduga mencemari sungai di sekitar, sehingga membuat aktivitas warga yang menggunakan air sungai sebagai konsumsi terganggu.

Seorang warga, Rusdi mengatakan, tempat pengolahan pasir ini sangat mencemari lingkungan sungai warga Jenu. Sungai menjadi kecoklatan, sehingga warga terganggu karena mengkonsumsinya.

"Air sungai digunakan untuk mencuci, mandi dan kebutuhan lainnya," ujarnya kepada blokTuban.com.

Rusdi melanjutkan, saat ini akibat tercemarnya sungai desa sekitar, warga merasakan ketidaknyamanan. Bahkan warga terpaksa mandi di air sungai yang kotor tersebut.

"Warga sekarang mandi di sungai yang kotor, kami harap pemilik menyadari hal itu dan menghentikan aktivitas pengolahan pasir," tegasnya.

Sementara itu, petugas kepolisian yang memediasi antara warga dengan perwakilan perusahaan mengharap agar pengolahan pasir ini dihentikan sementara.

"Pengolahan pasir harap ditutup sementara, agar tidak terjadi gejolak antara warga dengan pekerja," pungkas Kapolsek Jenu, AKP Yani. [nok/rom]