Muscab Akan Pilih Nakoda PKB dan Sidang Komisi

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Musyawarah Cabang (Muscab) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tuban digelar hari ini, Rabu (24/5/2017). Agenda lima tahunan itu akan digunakan untuk melakukan sejumlah pembahasan.

Ketua Panitia Muscab IV PKB, Muhtarom, berharap agenda ini bisa dilakukan dalam waktu satu hari. "Meski cukup banyak yang akan dirumuskan," katanya kepada blokTuban.com.

Agenda Muscab setelah pembukaan adalah pembahasan tata tertib dan melakukan sidang komisi. Tata tertib yang dibahas mengenai pemilihan ketua DPC PKB selanjutnya, dan untuk sidang komisi akan membahas masalah program partai, organisasi, dan juga rekomendasi-rekomendasi partai.

"Yang urgen adalah sidang mengenai siapa yang akan memimpin PKB kedepan," kata Muhtarom.

Syuriah NU Tuban, KH Kholilurrahman, yang diminta memberi ceramah mengimbau agar kader PKB terus memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara. Beliau menyisipkan pesan agar anak-anak NU yang ada di PKB juga memperbaiki citra politisi yang mulai meredup di tengah masyarakat.

"Saya titip kepada dewan yang dipilih oleh rakyat, bagaimana caranya yang dipikir adalah kemakmuran negara," katanya.

Kyai sepuh itu juga menyisipkan banyak pesan-pesan kebangsaan. Salah satunya adalah pesan untuk sadar menjaga persatuan untuk kejayaan agama dan negara.

Muscab digelar di Hotel Wilis, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, dan dibuka oleh Bupati Tuban, Fathul Huda. Beberapa tokoh yang menghadiri Muscab partai Islam itu, diantaranya adalah Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati sekaligus Ketua DPC PKB Tuban, tokoh agama dan Syuriah NU Tuban, KH Kholilurrahman, Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, KH Makin Abas, dan sejumlah politisi ternama dari PKB seperti Ana Muawanah dan Anna Khozanah.

Hadir juga undangan dari perwakilan partai-partai di Tuban, PAC PKB dan MWC NU di masing-masing kecamatan, dan juga Badan Otonom NU yang ada di Tuban. [pur/rom]