Bansos PKH, Tiap Keluarga Terima Rp500.000

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bantuan sosial non tunai yang diluncurkan Kementerian Sosial (Kemensos) di Kabupaten Tuban, Senin (22/5/2017) berwujud rekening tabungan dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Seperti yang diterima Susanti dan Slamet hari ini, dalam rekening mereka tersebut berisikan Rp500.000. Besaran nominal yang diterima sama seperti pencairan tahap pertama dana PKH.

"Yang boleh diambil hanya Rp400.000. Untuk dibelikan kebutuhan baju dan sepatu untuk anak anak," kata Slamet kepada blokTuban.com.

Susan dan Slamet merupakan bagian dari 350 masyarakat yang menerima bantuan non tunai di Kabupaten Tuban. Pencairan bantuan melalui salah satu perbankan berplat merah di Tuban ini difokuskan pada masyarakat yang bermukim di wilayah Kecamatan Tuban Kota, di antaranya dari Baturetno, Kingking, Mondokan, Latsari, Kutorejo dan Kembangbilo.

Menteri Sosial Khofifah Indar parawansa mengatakan, ia meyakini masyarakat penerima manfaat PKH tersebut akan menggunakan bantuan tersebut secara bijak.

"Dalam top mindset (pikiran utama) bapak ibu tadi uang bantuan diperuntukkan untuk kebutuhan sekolah," katanya.[dwi/col]