Mahasiswa Ilmu Komunikasi Gelar Diklat di Unirow

Pengirim: Andi Surya

blokTuban.com - Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himaikom) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban menggelar Diklat Komunikasi, Sabtu-Minggu 20-21 Mei 2017 di kampus Unirow. Kegiatan ini digelar atas kerjasma Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia (Imiki).

Dalam kegiatan ini melibatkan mahasiswa ilmu komunikasi dari berbagai kampus. Peserta dari mahasiswa ilmu komunikasi Unesa Surabaya, Stikosa AWS, Unair, UIN Surabaya, Unitomo, Untag Surabaya, UMS, Ubara, dan beberapa kampus yang lain. Acara ini diikuti sekitar 40 mahasiswa.

Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani mengapresiasi kegitan yang digelas oleh mahasiswa ini. Menurutnya, sebagai mahasiswa harus mampu menjalin kerja sama dan hubungan yang baik dengan segenap elemen masyarakat. Selain itu, mahasiswa yang sejatinya sebagai agen perubahan, mahasiswa harus mampu menjadi yang terdepan.

"Sebagai seorang mahasiswa, sudah sepantasnya harus bisa mengamalkan tiga falsafah hidup Ki Hajar Dewantara,’’ kata dia.

Dia menambahkan, diklat ini digelar bertepatan dengan hari kebangkitan nasional. Jadi, diharapkan mampu menjadi sebuah tonggak perubahan yang positif.

"Diklat ini semoga menjadi momentum kebanggkitan mahasiswa ilmu komuniaksi,” terang dia.

Ketua Himaikom, Ainul Makhasin menambahkan, diklat ini diharapkan mampu mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa ilmu komunikasi seluruh indonesia khususnya di wilayah Surabaya, Madura, Sidoarjo dan Tuban.

"Perbeadaan taraf sosial yang ada di antara kita jangan menjadi penghalan keluarga besar mahasiswa ilmu komuniakasi untuk semakin mesra,’’ terang dia.

Inul, sapaan akrabnya mengatakan kegiatan diklat ini sebagai bekal dasar bagi mahasiswa komunikasi untuk mendapatkan pengetahuan tentang Imiki. Sebab, Imiki adalah organisasi yang berjaringan seluruh Indonesia. Ada beberapa materi yang disampaikan dalam diklat ini. Seperti, jurnalisme digital. Peserta juga diminta untuk terjun ke lapangan.

‘"Peserta juga terjun ke lapangan untuk mempratekkan materi yang sudah diterima,’’ ujar mahasiswa semester enam itu.

Dia berharap, kehadiran peserta dari luar kota ini bisa membawa dampak baik pada Tuban. Sebab, peserta pun diajak untuk mengunjungi beberapa tempat wisata.

"Kami mengajak ke beberapa tempat. Seperti pantai mangrove dan pantai cemara,’’ tegasnya. [ito]