Pemerintah akan Luncurkan Kartu Tani

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Guna memudahkan petani dalam mendapatkan haknya di bidang kesejahteraan, Pemerintah akan memberikan Kartu Tani kepada setiap petani. Kartu tani ini nantinya sebagai penjamin bagi setiap petani untuk memperoleh kesejahteraanya, seperti untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.

Rencananya, Kartu Tani akan diluncurkan pada bulan Mei ini, dengan mendata sebagian besar petani yang ada di Kabupaten Tuban.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji mengatakan, bahwa Pemerintah memang bertekad bulat untuk memperbaiki sistem adminstrasi petani selama ini.

Jika sebelumnya petani hanya diakomodir melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), kini setiap petani harus memiliki Kartu tani agar lebih mudah kedepannya.

“Kartu Tani ini banyak manfaat nantinya, seperti pengambilan pupuk, kedepan harus menggunakan Kartu Tani,” ujarnya kepada blokTuban.com, Jumat (12/5/2017).

Mantan Camat Bancar itu menjelaskan, pada kartu tani itu sendiri nantinya akan ada rincian bagi pemegang masing-masing kartu mengenai alokasi pendapatan pupuk bersubsidi. Jadi setiap petani akan mendapatkan jumlah pupuk yang berbeda-beda, sesuai dengan luas lahan ataupun luas tanam.

“Bulan mei ini akan diluncurkan, saat ini masih pendataan di masing-masing UPTD Pertanian,” pungkasnya. [nok/rom]