Umat Budha Tuban Harap Jaga Keutuhan Negara

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com – Sekitar 100 orang Umat Budha di Kabupaten Tuban telah melaksanakan Sembahyang dalam rangka Hari Raya Tri Suci Waisak 2561. Sembahyang dilakukan di dua tempat secara bergantian. Pertama di Klenteng Makcocu lintiong, selanjutnya di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Kamis (11/5/2017).

Para umat Budha tampak khusuk dalam menjalankan sembahyang, mereka melakukan upacara seremonial berupa pembakaran dupa, seraya memanjatkan doa. Baik doa kepada diri dan keluarga dan juga terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Ketua Umum Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, Gunawan Putra Wiarawan mengatakan, bahwa dalam perayaan waisak kali ini merupakan pencapaian kesempuranaan atas meninggalnya sang budha.

Para umat tentu berharap keselematan kepada diri dan keluarga dalam menghadapi kehidupan yang terus berjalan. Selain itu, para umat juga tidak lupa untuk memanjatkan doa kepada keutuhan bangsa dan negara, ditengah kondisi yang terus bergejolak.

“Umat berdoa untuk keselamatan bagi diri dan keluarga, serta untuk keutuhan bangsa Indonesia yang masih memanas ditengah suasana politik tanah air,” ujarnya kepada blokTuban.com usai sembahyang.

Menurut dia, suasana bangsa yang masih memanas seperti sekarang ini perlu kedewasaan dalam menyelesaikannya, jangan mementingkan ego pribadi dan golongan. Demi keutuhan bangsa dan negara, maka setiap orang warga negara Indonesia harus menjaga sikap saling menghormati dan menghargai.

“Semoga pada Hari Raya Tri Suci Waisak 2561 ini mampu membawa perubahan kearah yang positif bagi setiap orang, serta mampu meredam konflik politik yang terus bergejolak,” pungkasnya.[nok/ito]