36 Stand Job Fair Diserbu Pencari Kerja
 
Reporter: Dwi Rahayu
 
blokTuban.com -  Pameran bursa kerja atau job fair yang dilaksanakan di GOR Ranggajaya Anoraga di serbu para pencari kerja. Sedikitnya ada 36 pperusahaan dan lembaga, diberitakan sebelumnya ada 35 perusahaan dan lembaga, diserbu ribuan pencari kerja, Selasa (9/5/2017).
 
Sekretaris Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu, dan Tenaga Kerja, Sony Kurniawan mengatakan bursa kerja kali ini sebagai sarana menyediakan informasi bursa kerja bagi masyarakat. Selain itu sebagai job fair juga sebagai wadah mempertemukan penyedia kerja dengan pencari kerja.
 
"Ada sekitar 400 lowongan pekerjaan yang disediakan oleh perusahaan yang sebagian besar bergerak di bidang asuransi, finance, perdagangan, rumah sakit hingga  otomotif," kata Sony.
 
Namun jumlah perusahaan atau lembaga yang turut serta di job fair yang dilaksanakan dua hari, 9 -10 Mei 2017 ini rupanya lebih rendah dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun lalu terdapat 42 perusahaan atau lembaga kali ini menurun menjadi 36 perusahaan.
 
Pada sisi lain, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein menyoroti soal pengangguran terbuka Tuban yang mencapai angka sekitar 18.000. Dimana jumlah tersebut hampir 70 persen didominasi lulusan SD, sementara sisanya 20 persen mereka yang lulusan SMP sederajat dan hanya sekitar 10 persen merupakan lulusan perguruan tinggi sederajat.
 
Berkaitan dengan pelaksanaan job fair kali ini, ia berharap lowongan yang ada dapat membantu menyerap mereka yang masuk kategori pengangguran terbuka. Yakni mereka yang memiliki pekerjaan namun hanya sebatas serabutan dan bukan pekerjaan tetap.
 
"Kompetensi yang tidak sesuai dengan lowongan juga tidak bisa, harus dipetakan penyebaran pengangguran terbuka yang nanti berpengaruh pada pengambilan kebijakan pemerintah daerah," kata Noor Nahar.
 
Ia berharap lowongan yang dipasang pada  job fair bisa memberi kesempatan bagi pencari kerja sesuai kompetensi. Sehingga kompetensi yang dimiliki bisa di matchkan atau disesuaikan penyedia kerja.
 
"Diharapkan job fair tidak hanya rutinitas saja. Tapi substansinya harus sesuai tugas pokok kita (Pemkab Tuban, red)," tandasnya.[dwi/ito]