Masyarakat Desa Jarorejo Gotong Royong Renovasi Rumah Janda

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan masyarakat yang terdiri dari Pemerintah Desa (Pemdes), Badan Perwakilan Desa (BPD), Karang Taruna serta warga dari RT:1/RW:1 Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban bergotong royong merenovasi rumah seorang janda, Minggu (7/5/2017).

Renovasi itu dilakukan oleh semua elemen masyarakat, dikarenakan kondisi rumah seorang janda satu anak yang bernama Efik Adiyaningsih (54) tersebut sudah tidak layak huni, serta atapnya rawan ambrol saat hujan.

"Kondisi rumahnya sudah tidak layak huni, kayunya sudah hancur dan rawan ambrol," kata Kepala Desa (Kades) Jarorejo, Sugiman kepada blokTuban.com.

Kades baru tersebut menuturkan, sebelumnya Pemdes telah mengusulkan rumah tersebut sebagai Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Namun berhubung status tanah bukan hak milik dan dindingnya tembok rumah tersebut tidak memenuhi syarat sebagai RTLH.

"Dengan dana swadaya sekitar 5 juta dari Pemerintah Desa, BPD, Karang Taruna dan masyarakat khususnya RT:1/RW:1 Desa Jarorejo rumah ini direnovasi," ujar Kades.

Ia berharap, selama kepemimpinanya tersebut, RTLH di Desa Jarorejo tuntas dan tidak ada lagi. Serta perilaku masyarakat bergotong-royong di Desa Jarorejo tumbuh lagi. [hud/lis]