Pantau Harga Komoditas, Polsek Rengel Bentuk Satgas Pangan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Upaya pemantauan harga komoditas di wilayah Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Polsek Rengel menginisiasi terbentuknya tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan. Satuan tersebut diantaranya terdiri dari beberapa anggota Polsek Rengel, Pemerintah Kecamatan Rengel dan UPT Dinas Pertanian Kecamatan Rengel.

"Tim Satgas Pangan Kecamatan Rengel kami bentuk dengan tujuan memantau harga kebutuhan pangan di pasaran menjelang bulan ramadhan," ungkap Kapolsek Rengel, AKP Musa Bakhtiar kepada blokTuban.com.

Tim Satgas Pangan ini, lanjutnya, sengaja dibentuk bertepatan menjelang bulan puasa. Sebab pada bulan itu dibutuhkan keterlibatan pihak terkait untuk memantau dan mengantisipasi terjadinya fluktuasi harga bahan kebutuhan pokok.

"Yang perlu diantisipasi adalah melonjaknya harga kebutuhan pangan akibat permainan harga yang dilakukan oleh spekulan, pemasok dan pedagang," tambahnya.

Jika hal itu terjadi, maka harga pangan akan melambung dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Sebab imbas terburuknya dapat terjadi kelangkaan barang di pasaran.

"Jika ada hal yang seperti itu, kami akan menindak tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," imbuhnya.

Fungsi dan tugas Tim Satgas Pangan sendiri juga memantau peredaran makanan dan minuman di Pasar. Selain itu stok produk di beberapa supermarket dan pertokoan di Wilayah Kecamatan Rengel juga mendapat sorotan.

"Tim Satgas Pangan juga melakukan pengawasan agar tidak ada makanan minuman yang beredar sudah kadaluarsa dan tidak layak konsumsi," tandasnya. [dwi/rom]