Warga Maindu, Gelar Pengajian di Puncak Gunung

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ribuan warga Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, serta warga desa luar Maindu, Rabu (3/5/2017) siang, berbondong-bondong memadati Puncak Gunung Maindu, tepatnya di Dusun Muser desa setempat.

Mereka berbondong-bondong ke puncak Gunung Maindu untuk mengahadiri Pengajian Umum, dalam rangka Haul Raden Rohmad Ronggo Darmo (Ronggo Dermo), yang diyakini sebagai tokoh penyiar agama islam.

Salah satu pengurus makam, Rosyadi (32) mengatakan, acara haul ini sudah dilaksanakan mulai tahun 2008 yang lalu, dan kini pelaksanaan haul tersebut telah menjadi agenda rutin, bersamaan dengan perayaan sedekah bumi.

Pada acara tersebut, panitia juga turut mengundang Muspika Montong, Polhut, serta beberapa undangan untuk warga luar Desa Maindu. "Tadi malam telah diselenggarakan tahlilan di area makam, lalu dilanjutkan dengan sedekah bumi. Dan siang ini ditutup dengan acara pengajian umum," kata pengurus makam kepada blokTuban.com.

Menurutnya, Raden Rohmad Ronggo Darmo ini adalah penyiar agama islam yang datang dari kerajaan pajang. Sebenarnya, masih kata Rosyadi, di puncak gunung maindu ini terdapat beberapa makam, termasuk makam Dewi Sindu. Namun makam Raden Rohmad Ronggo Darmo merupakan yang tertua.

Ia menambahkan, bahwa setiap waktu-waktu tertentu makam ini juga diziarohi warga dari luar Kabupaten. Ia berharap makam Ronggo Dermo diperhatikan pemerintah serta menjadi salah satu destinasi wisata religi.

"Saya berharap, area makam ini diperhatikan pemerintah, dan menjadi salah satu wisata religi," tutupnya. [hud/rom]