Polsek Rengel Bina Pelajar yang Hendak Konvoi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pengumuman kelulusan hasil Ujian Nasional (UN) tingkat pelajar SMA sederajat dilakukan hari ini, Selasa (2/5/2017). Guna menghindari hal yang tidak diinginkan, anggota Polsek Rengel melakukan pembinaan kepada sejumlah pelajar yang hendak konvoi.

Hal itu lantaran ada informasi dari masyarakat yang resah akan adanya konvoi yang identik dengan corat-coret dan aksi turun jalan dengan mengendarai motor. Bahkan tidak jarang tanpa pengaman atau menggunakan helm sama sekali. Padahal hal itu berbahaya bagi diri sendiri bahkan pengguna jalan lainnya.

"Kami telah menerima informasi dari warga masyarakat bahwa ada sekelompok pelajar yang dengan berkumpul dengan seragam dicorat-coret di Sendang Beron, Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel mereka juga datang dengan membawa sepeda motor, kami lalu mendatangi lokasi dimaksud," tutur Kapolsek Rengel, AKP Musa Bakhtiar.

Pada lokasi tersebut, lanjutnya petugas lalu memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan para pelajar. Hasil pemeriksaan yang dilakukan ternyata banyak pelajar yang tidak dapat menunjukkan surat-suratnya. Ada pula yang kendaraannya dipasang knalpot brong dan dimodivikasi sedemikian rupa sehingga tidak memenuhi standar keamanan.

Para pelajar yang tidak dapat menunjukkan surat dan sepeda motornya tidak sesuai standard kemudian dibawa ke Mapolsek Rengel untuk dilakukan pembinaan. Sedangkan pelajar yang surat dan kelengkapan kendaraannya lengkap, diimbau untuk segera pulang.

"Di Mapolsek Rengel Kemudian para pelajar tersebut diberikan pembinaan yang bersifat edukatif," kata Musa Bakhtiar.

Pada siang itu, orang tua dari para pelajar juga didatangkan untuk menjemput anak-anaknya. Tujuannya adalah agar para pelajar tersebut tidak berkonvoi dan melakukan kegiatan yang akan berbenturan dengan warga maupun pengguna jalan yang lain.

"Kami sengaja mendatangkan orang tua pelajar untuk mencegah mereka berkonvoi dan menghindarkan mereka dari aksi-aksi yang dapat berbenturan dengan warga masyarakat,",imbuh AKP Musa.

Dari catatan dan pendataan petugas Polsek Rengel, para pelajar yang terjaring berasal dari sekolah di luar Kecamatan Rengel. Sedangkan pelajar kelas XII dari Kecamatan Rengel untuk hari kelulusan ini mereka diliburkan oleh pihak sekolah. [dwi/col]