Subsidi Listrik Mulai Dicabut Secara Bertahap

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus melakukan pencabutan subsidi tepat sasaran bagi masyarakat.

Pencabutan subsidi sudah dilakukan sejak bulan lalu secara bertahap hingga sekarang. Hal itu dilakukan untuk mengurangi beban negara dan mengefektifkan anggaran pemerintah.

Ada tiga golongan voltase listrik rumah tangga bersubsidi yang dicabut secara bertahap. Yaitu mulai dari 450 Watt, 900 Watt dan 1300 Watt.

Manajer Rayon PLN Tuban, Junaidi mengatakan, pencabutan subsidi terus dilakukan pemerintah kepada masyarakat atau pelanggan PLN secara bertahap, termasuk di Kabupaten Tuban.

Tujuan dari pencabutan ini adalah tentu untuk pemberian subsidi tepat sasaran, bukan sembarang orang mendapat subsidi.

"Subsidi masih ada, namun hanya untuk masyarakat yang benar-benar miskin, sehingga layak untuk mendapatkan," ujarnya kepada blokTuban.com, Senin (1/5/2017).

Lebih lanjut Junaidi menjelaskan, mekanisme yang digunakan PLN dalam melakukan pencabutan subsidi berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dari pusat memberikan data-data masyarakat yang berhak mendapatkan subsidi, dengan bukti penerima Kartu Keluarga Sejahtera dari pemerintah.

"Pada intinya Pemerintah ingin subsidi tepat sasaran, dan sudah mulai dilakukan pencabutan subsidi bagi yang tidak berhak," pungkasnya. [nok/rom]