Merasa Dirugikan, Putusan Wasit Dinilai Untungkan Tim Tamu

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Meski banyak peluang yang tercipta, tim berjuluk Laskar Ronggolawe, Persatu Tuban, hanya menang tipis 1:0 atas tamunya PSIM Yogyakarta dalam pertandingan Liga 2 Indonesia Sabtu (29/4/2017) sore, di Stadion Lokajaya, Tuban.

Dalam pertandingan ke dua tersebut, Laskar Ronggolawe yang menjadi tuan rumah sempat unggul terlebih dahulu atas tim tamu. Hingga peluit panjang wasit berbunyi, hasil pertandingan tidak berubah dengan skor 1:0.

Dua puluh menit pertama, pertandingan berjalan seimbang. Baik pemain Persatu Tuban atau PSIM Yogyakarta saling menyusun strategi untuk menciptakan peluang gol pertama.

Keadaan berubah, ketika pemain Persatu bernomor punggung 7, Edi Winarno, merangsek ke sisi kanan pertahanan lawan. Kemudian memberikan umpan terobosan yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Wirya HK, pemain Persatu bernomor punggung 77 yang melesakkan si kulit bundar di menit ke 22.

Unggul 1:0 membuat tim kebanggaan Ronggo Mania terus tampil menyerang dan tercipta beberapa peluang. Namun sayang beberapa kali tendangan ke gawang PSIM masih lemah dan tidak bisa menciptakan gol tambahan.

Gol pertama tercipta membuat tensi permainan meningkat. Pemain PSIM Yogyakarta sempat beberapa kali menciptakan peluang, namun belum membuahkan hasil sampai turun minum.

Menurut Fahmi Fikroni, sebagai Manajer Persatu Tuban, permainan Tim Persatu Tuban sudah sangat baik dengan terciptanya beberapa peluang. Namun, masih saja ada catatan buruk saat duel berlangsung, sebab ia menilai kepemimpinan wasit saat memimpin pertandingan banyak menguntungkan tim tamu.

"Permainan anak-anak sudah sangat bagus di banding sebelumnya, namun kami tidak puas kepemimpinan wasit kemarin. Sebab, Persatu banyak dirugikan oleh wasit dengan alasan banyaknya keputusan wasit yang justru menguntungkan tim tamu," ujar Fahmi Fikroni, Minggu (30/4/2017).[rof/col]