Bentuk Rumah Pintar Pemilu Sebagai Sarana Edukasi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTunan.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban melaunching Rumah Pintar Pemilu (Lontar), bertempat di kantor KPU Kamis, 27 April 2017.

Rumah pintar pemilu merupakan sarana edukasi bagi masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya, dalam mengisi pesta demokrasi setiap lima tahun sekali.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri mengatakan, bahwa pembentukan Lontar ini tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Baik dalam Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Gubernur (Pilgub), dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

Sebab, masyarakat pasti ada perasaan bingung atau gunda disaat jelang pencoblosan. Dalam hal ini mengenai tahapan atau mekanismenya.

"Rumah pintar pemilu ini untuk sarana konsultasi bagi masyarakat, apabila ada yang belum dimengerti tentang pelaksanaan pemilihan," ujar Kasmuri dihadapan tamu undangan.

Dia menambahkan, dengan adanya rumah pintar pemilu ini, maka masyarakat bisa dengan mudah untuk mendapatkan informasi tentang penyelenggaraan pemilu.

"Masyarakat yang butuh informasi lebih bisa datang di Lontar yang berada satu kantor di KPU," pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh perwakilan masing-masing Partai Politik, mahasiswa, pelajar dan sejumlah elemen masyarakat.[nok/ito]