Selain Bahas Arak, Batsul Masail Juga Bahas Inseminasi Sapi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Lembaga Batsul Masail Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban menggelar kajian tentang peredaran dan konsumsi Arak di Bumi Wali, bertempat di Ponpes Sunan Bejagung, Rabu (26/4/2017).

Selain pembahasan arak yang sudah berlangsung selama berabad-abad, dalam Batsul Masail juga membahas Inseminasi Sapi.

Khatib Suriyah PCNU Tuban, Ahmad Syariful Wafa mengatakan, pembahas Batsul Masail hari ini ada dua topik yang dibahas. Pertama tentang kajian produksi arak dan Inseminasi Sapi potong.

Secara hukum agama manapun arak haram, namun harus dikaji sisi lain yang sekiranya ada manfaatnya. Untuk itulah diadakan Batsul Masail.

Begitupun dengan Inseminasi Sapi potong, dengan inseminasi maka hewan sapi betina tidak dapat haknya dalam kebutuhan seks biologis.

"Hewan juga butuh kebutuhan biologis, namun bagaimana dengan adanya Inseminasi?," ujar Pria yang akrab disapa Gus Wafa tersebut kepada blokTuban.com

Menurut dia, dua pokok bahasan itu sangat penting untuk dibahas di Batsul Masail. Bagaimana nanti hasilnya yang akan menjadi keputusan​ atau Ijma'nya.

"Masih dibahas ini, semoga hasil Batsul Masail ini bermanfaat bagi semua​, insyaAllah jam 5 sore hasilnya keluar," pungkasnya. [nok/rom]