Istimewa, Media Lokal Raih Penghargaan Pulitzer

Reporter: Nanang Fahrudin

blokTuban.com - Beberapa hari lalu, para peraih penghargaan Pulitzer diumumkan. Sejumlah jurnalis menerima penghargaan bergengsi ini. Jurnalis penerima penghargaan itu sebagian besar berasal dari media-media raksasa macam New York Time, The New Yorker, The Wall Street Journal, dan Washington Post.

Tapi, ada yang agak berbeda dari penghargaan Pulitzer tahun 2017 ini. Yakni, ada nama Art Cullen yang juga meraih penghargaan Pulitzer. Cullen merupakan editor di Storm Lake Times, sebuah media lokal di Kota Storm Lake, Iowa, Amerika Serikat.

Apa sebenarnya yang istimewa? Jawabannya tak lain, karena Storm Lake Times tempat Cullen bekerja adalah media cetak yang hanya cetak 3.000 eksemplar per hari dan dari segi perusahaan bukanlah perusahaan raksasa macam The New Yorker atau Washington Post. Storm Lake Times adalah media lokal dengan kekuatan pada kritik-kritiknya terhadap Pemerintah Kota setempat.

Yang membedakannya lagi dengan media-media lain adalah Storm Lake Times dikelola oleh keluarga Cullen. Art Cullen sebagai Pemimpin Redaksi sekaligus editor. Sang istri Dollores Cullen menjadi fotografer, dan sang anak John Cullen sehari-hari menjadi reporter yang melakukan investigasi lapangan. Total karyawan (sebagian besar masih famili) sebanyak 10 orang.             

Cullen meraih penghargaan Pulitzer untuk editorial yang ditulisnya dua kali seminggu. Tulisannya dihasilkan dari “Laporan yang gigih, keahlian yang mengesankan dan tulisan yang menarik yang berhasil menantang kepentingan perusahaan pertanian yang kuat di Iowa”. Begitu alasan pemberian penghargaan tersebut sebagaimana ditulis di laman pulitzer.org.

Penghargaan ini tentu mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak. Berbagai ucapan diberikan kepada jurnalis berpengalaman Art Cullen yang memang setia dengan kepentingan publik. Cullen yang kini berusia 59 tahun adalah penduduk asli Storm Lake dan dia adalah pemilik surat kabar itu bersama saudaranya. 

Penghargaan ini sendiri memiliki makna tak hanya bagi jurnalisme di Amerika saja. Melainkan menyebar ke seluruh dunia. Apa yang dilakukan oleh Storm Lake Times bisa menjadi model jurnalisme lokal yang kini menjamur di daerah-daerah di Indonesia, termasuk di Bojonegoro. Bahwa media lokal pun mampu memberikan kontribusi sangat luar biasa pada dunia jurnalistik, dan tentunya kepada masyarakat. Yakni dengan kerja-kerja jurnalistiknya.

Selamat kepada Art Cullen atas penghargaan tersebut.