Hasil Tangkapan Lesu, Nelayan Pilih Tidak Melaut

Reporter: Moch. Sudarsono​

blokTuban.com - Nelayan Bulu di Kecamatan Bancar mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Sebab, tangkapan ikan yang didapat belakangan ini tidak banyak.

Atas hasil tersebut, nelayan juga ada yang berhenti sementara untuk tidak melaut. Sembari menunggu hasil ikan kembali melimpah.

Seorang nelayan, Muntakib mengatakan, hasil ikan saat ini sepi meski masih memasuki waktu berlayar. Bahkan dia harus menunda untuk tidak melaut karena tangkapan ikan sedikit.

"Saya sudah berhenti dua hari tidak melaut, sambil menunggu kabar tangkapan ikan mulai banyak, baru kembali berlayar," ujarnya kepada blokTuban.com (Minggu, 23/4/2017)

Menurut dia, jika dipaksakan berangkat nelayan dengan hasil sedikit maka akan menguras uang operasional, sehingga akan merugi. Jadi lebih baik berhenti nelayan beberapa hari dulu, sambil menunggu hasil ikan melimpah. "Menunggu kabar hasil ikan melimpah dulu, baru kembali berlayar," terang dia.

Sementara itu nelayan lain, Zuhri juga mengatakan hal sama. Dia hari ini berhenti melaut karena hasil tangkapan ikan yang didapat sedikit.

"Ini libur nelayan karena Tangkapan ikan sedikit, tunggu ikan mulai banyak baru kembali melaut," pungkasnya

Berdasarkan pantauan blokTuban.com meski beberapa nelayan mengaku mendapat hasil tangkapan ikan sedikit dan memilih tidak melaut, namun masih ada nelayan lain yang masih berlayar. Hal itu terlihat dari aktifitas keberangkatan nelayan di Pelabuhan Ikan Desa setempat.[nok/ito]