Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban terus melakukan upaya pembebasan lahan disepanjang sungai bengawan Solo yang berada di wilayah Tuban.

Pembebasan lahan bertujuan untuk membuat tanggul bengawan solo, agar jika terjadi banjir disungai aliran Bengawan Solo tidak meluber di pemukiman warga.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengatakan, pihak Pemkab terus melakukan upaya pembebasan lahan untuk pembangunan tanggul sepanjang Bengawan solo.

Budi mengaku, bahwa pembebasan lahan sudah dilakukan sejak dua tahun lalu, karena program dari pemerintah pusat adalah pembuatan tanggul.

"Sudah dua tahun lalu pembebasan lahan dan sekarang sudah mulai pengerjaan," ujar Budi sapaan akrabnya kepada blokTuban.com (Jumat, 21/4/2017).

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) itu melanjutkan, pembangunan tanggul sepanjang 25 Kilometer itu saat ini sudah dikerjakan.

Prosentase pengerjaannya sudah menyentuh angka sekitar 25 persen, dan akan terus dikerjakan secara bertahap menyesuaikan Anggaran yang ada.

"Masih terus dikerjakan, anggaran fisiknya itu dari Balai Besar Bengawan Solo (BBBS) dan anggaran keluar setiap tahun. Pemkab yang kebagian pembebasan lahannya," pungkasnya.[nok/ito]