Pendiri Acarina: Belum Ada Wadah Alumni Pecinta Alam SMAN 1

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com – Alumni SMAN 1 Rengel yang tergabung dalam Pecinta Alam Acarina, hendak membuat persatuan alumni untuk menyambung jalinan silaturahim dan wadah dalam menyampaikan aspirasi.

Upaya tersebut sudah terbesit sejak lama, namun tidak berhasil direalisasikan. Apalagi dengan adanya keberadaan Yayasan Pecinta Alam yang berbadan hukum dengan nama besar Acarina yaitu Yayasan Pecinta Alam Acarina Indonesia (YPPAI).

Pendiri Acarina SMAN 1 Rengel, Supriyadi mengatakan, dirinya dengan sejumlah teman pecinta alam Acarina yang sudah lulus lama, hendak mendirikan Pecinta Alam Acarina. Saat bersamaan ada seseorang yang  mencoba mengakomodir kepentingan tersebut, sehingga pihaknya menerima ajakan itu dengan baik.

“Kita terima dengan baik ajakan orang tersebut, sehingga dibuatkanlah wadah alumni dengan nama YPAAI, itu berbentuk yayasan,” ujarnya kepadda blokTuban.com, Kamis, (20/4/2017)

 Selanjutnya seiring berjalannya waktu dia menerangkan, wadah tersebut semakin tidak jelas dalam mewadahi alumni Acarina, karena sering sekali dalam kegiatan justru tidak melibatkan para alumni Acarina, sehingga perlu dipertanyakan keberadaannya. Ditambah lagi dengan keberadaan struktur kepengurusan YPPAI yang diisi oleh beberapa orang-orang yang tidak punya latar belakang pecinta alam.

“Hingga sekarang tidak ada Persatuan Alumni Acarina, YPAAI itu bukan Persatuan Alumni, tetapi dia adalah yayasan. Saya juga awalnya masuk di YPAAI, tetapi karena semakin tidak jelas arahnya dan saya sering protes akhirnya saya terasing, dengan kata lain dikeluarkan secara halus,” ungkap pria yang menjabat sebagai ketua Acarina SMAN 1 Rengel kali pertama tersebut.

Sementara itu saat dikonfirmasi, M.Ali Baharudin selaku Pembina YPAAI mengatakan, bahwa yayasannya merupakan wadah bagi para alumni Acarina untuk bisa merapat guna menyambung tali silaturahim kembali setelah lama lulus dari pecinta alam SMAN 1 Rengel.

Bahkan dia mengelak, jika struktur kepengurusan YPAAI disebut tidak melibatkan Alumni Acarina secara keseluruhan. Dia menegaskan, bahwa yang masuk didalam struktur YPAAI adalah murni alumni Acarina, bukan orang lain.

“Struktur kepengurusan YPAAI isinya ya orang-orang Alumni Acarina, bukan orang lain. Tujuan dibentuknya yayasan kan untuk  mewadahi Alumni Acarina, jadi jika ada yang menyebut struktur YPAAI tidak diisi Alumni Acarina itu tidak benar,” pungkasnya.[nok/col]

Foto: .net