Pelajar SD Dikenalkan Cabor Panahan Berbahan Paralon

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sekitar 80-an pelajar tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Tuban nampak antusias menarik busur panah. Layaknya pemanah profesional, mereka menembakkan anak panah dengan mata memicing menuju titik tengah papan panah.

Ketua Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) Kabupaten Tuban, Abdul Hadi menjelaskan, sengaja panah yang disediakan kali ini terbuat dari paralon. Sebab, untuk menyediakan panah sungguhan dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

"Lomba panahan kali untuk memperingati hari pendidikan, serta menumbuhkan minat bakat pelajar pada cabang olahraga panahan," kata Hadi kepada blokTuban.com, Kamis (20/4/2017).

Rata-rata pelajar yang turut dalam ajang adu panah ini duduk di kelas lima SD. Sebab pada usia ini yang nantinya setelah didapati juara satu hingga tiga, dapat berpartisipasi dalam ajang lomba di tingkat lebih tinggi.

Seperti salah seorang peserta lomba, Abdul Rofik dari SD Mlangi-Widang, yang cukup antusias mengikuti lomba panahan. Ia bersama sejumlah kawan satu sekolah, meski belum piawai betul, nampak riang berbaur dengan lainnya mengarahkan anak panah ke papan.

"Suka dengan panahan," jawabnya kepada blokTuban.com.

Diketahui, selain panahan dalam momen yang sama dilakukan pula kegiatan lomba lain. Terhitung sejak minggu lalu, berbagai cabang olahraga yang dilombakan meliputi bulu tangkis, olahraga tradisional, renang, karate, atletik dan lainnya. [dwi/rom]