CJH Asal Tuban Ikuti Bimbingan Manasik Haji SG

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban mendapat bimbingan manasik haji di Gedung Graha Sandiya, Rabu (19/4/2017) malam. Acara pemantapan itu digelar oleh PT Semen Gresik rutin sejak tahun 2006 lalu.

Pelaksanaan bimbingan manasik haji akan dilakukan dalam lima tahap. Yakni ceramah Hikmah Haji, Thoharoh dan Salat Jama' Qoshor, Haji Tamattu', dan juga materi serba-serbi permasalahan haji, dan terahir adalah praktik langsung ibadah haji.

"Semua kegiatan akan dipusatkan di Kompleks Perumahan Dinas Semen Gresik dengan menggunakan gedung Graha Sandiya," kata Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum Semen Gresik, Aris Sunarso.

Data yang diterima, tahun lalu peserta bimbingan manasik haji di Semen Gresik mencapai 70 persen dari sekitar 700 CJH asal Tuban. Sedangkan, untuk tahun ini diikuti kurang lebih sebanyak 800 CJH dari total sekitar 1.000 CJH.

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dalam bidang keagamaan," ungkap Aris.

Bimbingan dilakukan, supaya CJH asal Tuban mempunyai pengetahuan yang selalu update berkaitan pelaksanaan ibadah haji. Agar pelaksanaan rukun Islam ke-lima itu bisa dilakukan dengan lancar.

Plt. Kasi Haji dan Umroh Kemenag Tuban, Siti Maulidiyah, memberi apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini. Mengingat pelayanaan, pembinaan dan perlindungan ibadah haji adalah tanggungjawab dari pemerintah.

"Maka ketika Semen Gresik peduli, kami sangat salut," kata Maulidiyah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengungkapkan rasa terima kasih kepada perusahaan yang telah melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan bimbingan manasik haji dinilai sangat penting untuk dilaksanakan. Selain memberikan tata cara haji, juga pembaruan informasi terkini di tanah suci.

"Dengan diberikan pembekalan sebelum melaksanakan ibadah haji, kita berharap para jemaah haji asal Tuban dapat berjalan dengan lancar dalam menjalankan ibadah, dan dapat menjadi haji yang mabrur," ungkap Budi. [hud/rom]