Camat: Kartar Bukan Hanya Nama, Kegiatannya Harus Nyata

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka reorganisasi kepengurusan, Karang Taruna (Kartar) Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban menggelar temu karya, Kamis (20/4/2017) di pendopo kecamatan setempat. Dari dua belas koordinator desa, Kun Solahuddin terpilih secara aklamasi memegang kendali menjalankan organisasi menggantikan Sugiarto.

Musyawarah tertinggi tingkat kecamatan pada organisasi pemuda yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan itu berbagai harapan muncul untuk ditangani secara serius ke depannya. Kepengurusan yang baru diharapkan bisa mewarnai di segala aspek yang melibatkan kaula muda.

"Harapannya pengurus baru bisa menghidupkan Kartar yang selama ini mati suri," kata Camat Singgahan, Dani Ramdani saat dikonfirmasi blokTuban.com, Kamis (20/4/2017).

Camat tidak ingin Kartar Singgahan ada namanya, namun tidak ada kegiatan. Dengan segala potensi, pangurus baru harus mampu berkreasi dan berinovasi sehingga bisa mewarnai.

Ditegaskan mantan Sekretaris Camat Montong itu, Kartar Singgahan diminta mampu menajamkan program yang bergerak di bidang sosial, keagamaan, dan pemberdayaan, bukan hanya olahraga saja. Selain itu, bidang ekonomi juga diharapkan sebagai program prioritas menuju organisasi mandiri.

"Sejauh ini Kartar merupakan organisasi penghabis anggaran, untuk itu ke depan harus bisa menghasilkan anggaran," imbuhnya menegaskan.

Dalam waktu dekat, program kerja nyata berdasarkan kebutuhan yang sesuai anggaran dan potensi untuk segera disusun. Dikatakan Dani, kepengurusan harus fokus, jika sudah terpilih di kecamatan ditekankan tidak masuk kepengurusan desa.

"Gebrakan baru segera dilakukan, dengan membentuk Kartar desa, dan menyusun program kerja. Muspika dan seluruh Kades siap dukung," harapnya.

Sementara ketua terpilih, Kun sapaan akrabnya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diamanatkan kepadanya. Sebagai pengurus baru, ia termotivasi dan siap menjalankan roda organisasi sesuai program Kartar Kabupaten yang sesuai dengan potensi Kecamatan Singgahan.

"Semoga dapat mngemban amanat kepengurusan dengan menjalin koordinasi pengurus kartar kabupaten maupun desa, agar Kartar ada fungsingsinya," singkatnya. [rof/rom]