Napi Ramai-Ramai Bersihkan Kompleks Makam Sunan Bonang

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Narapidana (Napi) atau warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) IIB Tuban, beramai-ramai melakukan bersih-bersih di kompleks Pemakaman Sunan Bonang, Selasa (18/4/2017). Kegiatan yang dilakukan para warga binaan itu dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemayarakatan ke 53 tahun.

Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas IIB Tuban, Suntoro mengatakan, kegiatan yang dilakukan pihak Lapas adalah untuk memperingati acara bulan bakti.

Pada acara bulan bakti ini, pihak lapas mengajak warga binaan untuk melakukan bersih-bersih kompleks makam Sunan Bonang dan areal Masjid Agung Tuban.

"Kita lakukan bersih-bersih makam dan Masjid Agung," ujar Suntoro kepada blokTuban.com

Suntoro menambahkan, kegiatan ini juga memiliki tujuan tentunya, yaitu mengubah image atau sudut pandang terhadap warga binaan. Jika selama ini warga binaan di Lapas dikenal seram dan menakutkan, maka kali ini bisa dibuktikan, bahwa para Narapidana ini tidak seperti itu.

Selain itu, nantinya diharapkan setelah keluar dari masa tahanan, para Napi bisa mendapatkan pelajaran berharga yang selama ini didapat dari lembaga permasyarakatan.

"Seperti yang terlihat, mereka mau berbuat baik, dan harapan kita mereka (Napi) nantinya bisa diterima kembali di lingkungannya," pungkasnya.[nok/ito]