Media Daring Capai Puluhan Ribu, Tugas Berat Menanti AMSI

Reporter: Nidhomatum MR

blokTuban.com - Dewan Pers berharap sebanyak minimal 200 media bisa terdaftar dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pers, Yoseph Adi Prasetyo saat deklarasi AMSI di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2016).

"Tugas berat menanti AMSI, minimal bisa memperoleh sebanyak 200 media dari sekitar 43.300 media online yang ada di Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, dari ribuan media online yang ada, baru sedikit yang terverifikasi dan terdaftar di Dewan Pers dan diketahui berbadan hukum. Di sisi lain, maraknya media juga diimbangi dengan semakin banyaknya wartawan yang tidak jelas kompetensinya.

"50 persen dari 300 an wartawan mencari data dari media sosial, 55 persen juga memverifikasi dari media sosial," imbuhnya.

Bahkan, ada juga media online yang sering mengutip dari media lain tanpa konfirmasi. "Ratusan media menjadi media pers, ada yang comot sana, comot sini. Dari anggota yang terdaftar di AMSI ke depan seleksi alam akan menyeleksi sendiri, media yang tidak konsisten pasti akan berguguran dengan sendirinya," pungkas pria yang akrab disapa Stanley ini. [lis]