Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kelompok tani 'Marsudi Tani' asal Dusun Sumbermulyo, Desa Kebonharjo, Kecamatan Jatirogo fokus mengembangkan buah di pekarangan rumah maupun ladang anggotanya. Lahan petani di daerah perbatasan Tuban - Rembang, Jawa Tengah itu dinilai cukup subur.

Ketua kelompok tani Marsudi Tani, Kasmuji mengatakan, kondisi tanah di wilayahnya berpotensi untuk pengembangan tanaman buah. Sebab dari pengalaman yang ada, saat ini ada beberapa populasi buah dan sayuran yang tumbuh subur dan dapat dinikmati hasilnya.

"Kebetulan beberapa buah yang biasa hidup di dataran tinggi, di dusun kami bisa tumbuh dan berbuah," kata Kasmuji saat ditemui blokTuban.com di pekarangan rumahnya, Minggu (16/4/2017).

Beberapa tanaman buah dan sayur yang disebutkan, di antaranya buah rambutan, durian, kelengkeng, belimbing madu, pepaya, dan pete. Dengan memanfaatkan ladang dan juga pekarangan, petani mulai menekuni tanam tanaman menyehatkan itu.

Ditambahkan pria yang juga Kepala Dusun yang di ujung barat Provinsi Jawa Timur itu membeberkan, awal mula bibit yang ditanam anggota kelompok tani, merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Tuban di era kepemimpinan Bupati Haeny. Sampai saat ini, jumlah populasi yang masih hidup kisaran 200 pohon durian dan sekitar 500 pohon rambutan.

"Untuk pepaya, kelengkeng dan belimbing madu jumlah populasinya belum terdeteksi, sebab tergolong baru dikembangkan warga kami," pungkasnya. [rof/col]