Libatkan Aparat Gabungan, Perayaan Paskah Berlangsung Kondusif
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Suasana kondusif terlihat pagi ini, pada perayaan Paskah di Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sebagian besar unsur keamanan, baik dari aparat gabungan hingga masyarakat setempat mampu menjaga situasi, baik di sekitar gereja maupun tempat lainnya.
 
Aparat gabungan yang dilibatkan diantaranya, dari unsur Polri, TNI, satuan polisi pamong praja (Satpol PP) dan juga dari unsur Barisan Ansor Serbaguna atau Banser. Personel tersebut ditempatkan disekitar gereja Santo Yosef, di Jl. Raya Timur, Sugihan, Jatirogo untuk mengawal berjalannya peribadatan.
 
"Pengawalan seputar Paskah sudah dimulai sejak malam Jum'at pada acara kebaktian umum, dilanjutkan Sabtu malam peringatan paskah, dan terakhir pagi ini," ujar Kapolsek Jatirogo, AKP Kusmindar, melalui Perwira Pengendali, IPDA Suhardi, usai memimpin apel Minggu (16/4/2017).
 
Dijelaskan Suhardi, pengawalan yang dilakukan tersebut, guna mengendalikan keamanan dan ketertiban masyarakat seputar perayaan Paskah. Harapannya, situasi dan kondisi di masyarakat bisa terkendali, sehingga umat katolik bisa beribadah dengan hidmat dan tentram.
 
"Semata-mata sebagai aparat hukum dan keamanan, kita berusaha menjaga ketenangan dalam ibadah Paskah, agar pluralisme juga terjaga dan sikap toleransi antar umat beragama bisa terbangun," tandas Polisi dengan pangkat satu balok di pundak itu.
 
Terpisah salah satu tokoh agama Katolik, Setiyono mengaku terjamin peribadatan yang sedang berlangsung dengan adanya pengawalan aparat gabungan ini. Ia menilai hal ini sebagai kegiatan positif, sebab dengan adanya kerjasama situasi jadi kondusif di setiap momen.
 
"Setiap peribadatan membutuhkan rasa aman, nyaman, dan penuh kebersamaan, sehingga tidak ada saling curiga dan menjadikan satu kesatuan," pungkasnya.[rof/ito]