Berpotensi, Petani Sumbermulyo Kembangkan Wisata Buah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kepala Dusun Sumbermulyo, Desa Kebonharjo, Kecamatan Jatirogo, Tuban memprogramkan optimalisasi wisata di Bumi Wali yang perlu disokong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Sebab, dengan potensi airnya yang melimpah kini tinggal bagaimana pengelolaan secara maksimal.

Kasmuji, pelopor penanam aneka buah dan sayur di daerahnya itu mengatakan, jika berbicara mengenai sumber mata air, daerah di ujung barat Kabupaten Tuban itu sangat lebih-lebih. Untuk itu, pihaknya memiliki gagasan melahirkan Dusun Sumbermulyo jadi satu di antara ikon wisata di Bumi Wali.

"Sumbermulyo memang terkenal mata airnya melimpah, bahkan kesuburan pertaniannya ini bisa membangun destinasi wisata secara baik," ujar Kasmuji.

Dusun yang terletak di sebelah timur perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah itu, direncanakan menjadi destinasi wisata baru. Dari beberapa hektare lahan yang ditanami durian, kelengkeng, pepaya, belimbing madu, dan pete itu diharapkan bisa mendongkrak perekonomian warga setempat.

Kekhasan potensi desa tersebut, jika dikelola dengan baik akan mampu meningkatkan taraf hidup kesejahteraan masyarakat setempat. Untuk itu besar harapan petani, pemerintah ikut andil mensukseskan cita-cita yang mulia itu.

"Semoga pemerintah bisa menyuplai benih buah-buahan yang bisa dikembangkan petani, baik di ladang, kebun, maupun pekarangan," tandas bapak dua anak itu.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, saat ini luasan lahan tanaman buah durian dan kelengkeng sekitar satu hektare. Sedangkan, pepaya yang dikelola warganya sudah ada sekitar tiga hektare. [rof/col]