Potret Gapura Seketeng di Sendangrejo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dua bangunan tembok tua, bak seperti dua gerbang gapura masuk, berdiri kokoh di Desa Sendangrejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban. Tepatnya dua gapura besar tersebut berada di pinggir jalan raya Bojonegoro-Jatirogo.

Kini bangunan dua gapura tua yang tidak tahu sejak kapan dibangunanya itu terlihat kurang terawat. Dari bangunan yang masih nampak kokoh tersebut warga sekitar sering menyebutnya oleh dengan sebutan 'Gapura Seketeng' yang diambil dari nama sebuah susunan batu bata pada gapura tersebut.

Kini, bagunan gapura setinggi kurang lebih lima sampai enam meter itu, tidak ada warga yang mengetahui pasti tentang sejarah kapan dan apa tujuan dibangunya gapura tersebut. Yang jelas salah satu gapura yang masih berdiri kokoh itu ada motif tulisan cina.

Kepala Desa Sendangrejo, Hadi ia mengaku, saat ini tidak ada yang tau pasti tentang kaitanya sejarah pembangunan dua gapura seketeng tersebut, entah pada zaman apa, namun dibagian atas ada motif tulisan huruf cina.

"Kemungkinan pembangunan gapura seketeng itu ada kaitanya dengan bong cina, namun ada juga yang berpendapat bangunan itu dibangun oleh belanda," ungkap Kades kepada blokTuban.com, Sabtu (15/4/2017).

Sementara itu dari pantauan blokTuban.com satu diantara dua bangunan gapura besar tersebut dimanfaatkan untuk pintu gerbang Sekolah Dasar (SD) Sendangrejo sementara yang satunya lagi berada di depan rumah salah satu warga.

Kades menambahkan, saat ini pihak desa kesulitan dana untuk melakukan perawatan pada gapura tersebut, karena tidak jelas pemanfaatnya. "Toh saat ini, gapura seketeng itu sudah dimanfaatkan oleh sekolah," tambahnya.[hud/ito]