Bong Cina, Komplek Pemakaman Cina Terbesar di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Desa Sendangrejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban marupakan salah salah satu desa yang berada diujung selatan Kecamatan Parengan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro.

Di desa yang berdampingan langsung dengan Desa Banjarejo, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro ini, terdapat sebuah tempat atau komplek pemakaman Cina terbesar di Kabupaten Tuban, bahkan di Jawa Timur.

Menurut keterangan salah satu warga yang biasa membersihkan makam, Kasmirin mengatakan, tempat Pemakaman Cina atau yang sering disebut dengan 'Bong Cina' ini sangat luas dan mungkin paling besar di Kabupaten Tuban.

"Bong Cina ini luas dan bentuk bangunan makamnya bagus-bagus," ujar Kasmirin kepada blokTuban.com, Sabtu (15/4/2017).

Ia menambahkan, di tempat pemakaman ini bukan hanya etnis Tionghoa dari Kabupaten Tuban saja. Namun ada juga etnis Tionghoa dari Kabupaten Bojonegoro, Lamongan, Gresik bahkan Surabaya.

Sementara itu, Kepala Desa Sendangrejo Hadi, ia mengatakan area Bong Cina di Desa Sendangrejo, Kecamatan Parengan ini mempunyai luas sekitar 10-11 hektar.

Dan itu merupakan tempat pamekaman terbesar dan terluas di Kabupaten Tuban, bahkan kemungkinan di Jawatimur. "Kebanyakan adalah etnis Tiong Hoa dari Bojonegoro dan Tuban yang dimakamkan di situ, tapi ada beberapa dari Gresik, Lamongan bahkan Surabaya.[hud/ito]