Singgung Angka Kemiskinan, Bupati Sarankan Contoh Pertanian Banyuwangi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com – Tingkat kemiskinan di Tuban yang masih terbilang cukup tinggi membuat orang nomer satu di Bumi Wali harus mengambil langkah solustif, agar masalah kemiskinan tersebut bisa teratasi.

Bupati Tuban, Fathul Huda menyebut, angka kemisikinan di Tuban masih stagnan berada di angka 17 persen. Angka tersebut terbilang cukup tinggi, mengingat Kabupaten Tuban merupakan daerah yang memiliki banyak industri, serta sumber daya alam yang melimpah.

Bahkan, Huda sapaan akrab Bupati menyarankan, agar pola pertanian di Tuban bisa meniru Kabupaten Banyuwangi. Hal itu dilakukan mengingat kebanyakan masyarakat Tuban bekerja sebagai petani.

“Sebagai salah satu solusi mengurangi angka kemiskinan, boleh belajar pertanian di Banyuwangi,” ungkap Huda kepada blokTuban.com, Jumat (14/4/2017).

Bupati kelahiran Montong itu melanjutkan, bagi Dinas pertanian dan ketahanan pangan, serta staf ahli bisa menindaklanjuti saran tersebut. Sebab, semua yang akan dikerjakan adalah untuk masyarakat Tuban.

Jika nanti sudah belajar pertanian di Banyuwangi, maka hasilnya tentu bisa diaplikasikan bagi masyarakat atau petani Tuban. Petani butuh inovasi di bidang pertanian, agar bisa memperbaiki kualitas hasil bertaninya.

“Silahkan bagi instansi terkait untuk belajar tentang pertanian di Banyuwangi, itu semua untuk masyarakat Tuban,” pungkas pria berlatar pebisnis tersebut. [nok/rom]