BUMDes Diharapkan Bisa Serap Hasil Tani

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Untuk terus meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mengangkat perekonomian desa, pemerintah berharap gabungan kelompok tani (Gapoktan) di beberapa desa wilayah kerja (WK) perusahaan PT Pertamina EP menjadi embrio pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hal itu disampaikan Camat Kenduruan, Hendro Basuki saat dimintai keterangan blokTuban.com mengenai implementasi undang-undang desa terkait BUMDes. Menurutnya, potensi di WK perusahaan minyak dan gas (Migas) di perbatasan Tuban - Blora itu sangat berpotensi pertaniannya.

"Potensi desa rata-rata pertanian, jadi sangat pas jika Gapoktan dijadikan embrio terbentuknya BUMDes," ujar Hendro, Rabu (12/4/2017).

Dijelaskan Hendro, ke depan BUMDes dengan modal yang diberikan mampu menyerap hasil petani lokal agar tidak menjadi ajang permainan harga tengkulak ketika panen. Sebab sudah menjadi rahasia umum, banyak permainan harga saat panen yang ujung-ujungnya petani menjadi korban.

Ketika disinggung sejauh mana pembentukan BUMDes di Kecamatan Kenduruan, pihaknya mengaku sudah memasuki tahap sosialisasi. Sedangkan bagi BUMDes yang sudah siap, akan mendapat kucuran Dana Desa (DD) sesuai yang dianjurkan.

"Saat ini sudah memasuki sosialisasi, harapannya setiap desa mempersiapkan dengan segala pirantinya secara matang," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]