Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Alokasi dana program Pemerintah Provinsi Jawa Timur 2017, Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) di Tuban mencapai Rp3 miliar.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebut, dana jalin Matra yang berasal dari APBD Provinsi Jawa Timur dan pada 2016 meningkat menjadi Rp3,8 miliar. Sedangkan pada 2017 mencapai Rp1,9 miliar dari APBD Provinsi Jawa Timur ditambah Rp1,1 miliar dari APBD Kabupaten Tuban.

Program Jalin Matra yang memiliki 3 kegiatan unggulan, diantaranya bantuan rumah tangga sangat miskin (RTSM), Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), dan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi mengatakan, program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Tuban sudah berjalan selama 3 tahun ini. Ia berharap, program ini terus berkesinambungan agar masyarakat kurang beruntung di Kabupaten Tuban tetap mendapat perhatian yang serius melalui dana APBD.

Mahmudi menuturkan, program Jalin Matra merupakan program yang didesain secara khusus dan inklusif bagi masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi, sosial dan budaya, berdasarkan pemutakhiran basis data terpadu (PBDT) 2015 oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) program perlindungan sosial dengan status 30 persen kesejahteraan terendah.

Program Jalin Matra yang ada di Kabupaten Tuban telah ada sejak 2015 silam, telah menyasar 36 desa di 14 dari 20 kecamatan. Program yang dijalankan diantaranya berupa Bantuan RTSM meliputi 5 desa di 4 kecamatan, untuk bantuan PFK meliputi 15 desa di 8 kecamatan, sedangkan bantuan PK2 mencakup 5 desa di 5 kecamatan.

“Program ini tidak hanya sebagai upaya jangka pendek untuk memberikan bantuan kepada kepala rumah tangga perempuan, tetapi terlebih dari pada itu adalah sebagai program yang berkelanjutan dalam rangka untuk mengantisipasi adanya perangkap kemiskinan pada kepala rumah tangga perempuan (KRTP),” ungkapnya. [dwi/rom]