Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Program Pemerintah Provinsi Jawa Timur 2017 berupa Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) diharapkan dapat memperkuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Dalam sosialisasi Jalin Matra 2017, Selasa (11/4/2017), perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur, Nurul Muntasyiroh menyatakan, tujuan dari kegiatan sosialisasi program Jalin Matra ini untuk menyamakan persepsi program. "Selama ini Jalin Matra sendiri memiliki 3 kegiatan unggulan, di antaranya, bantuan rumah tangga sangat miskin (RTSM), Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK), Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2)," ujarnya.

Program Jalin Matra telah ada di Kabupaten Tuban sejak 2015 silam. Bantuan RTSM meliputi 5 desa di 4 kecamatan, untuk bantuan PFK meliputi 15 desa di 8 kecamatan, sedangkan bantuan PK2 mencakup 5 desa di 5 kecamatan.

Gayung bersambut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi pun mengatakan, program ini tidak hanya sebagai upaya jangka pendek. Terlebih untuk memberikan bantuan kepada kepala rumah tangga perempuan, program ini digarapkan berkelanjutan dalam rangka untuk mengantisipasi adanya perangkap kemiskinan pada kepala rumah tangga perempuan (KRTP).

"Melalui jalin matra PK2, nantinya akan memperkuat keberadaan kelembagaan baru di pedesaan, yaitu BUMDes," ujarnya.

Sebab itu, Jalin Matra PK2 kedepan dapat  menempatkan BUMDes sebagai instrumen pemberdayaan masyarakat perdesaan, penanggulangan kemiskinan dan peningktan perekonomian perdesaan.[dwi/col]