Warga Kenduruan Berhasil Menangkap Ular Piton

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hendak mengambil bibit rumput, warga Punggur, Desa Sidomukti, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban dikejutkan dengan ular jenis piton (Sowo Kembang), Minggu (9/4/2017). Karena merasa tidak mampu, akhirnya ular tersebut berhasil ditangkap dengan melibatkan tiga orang.

Abdul Kholis, salah satu warga yang menangkap ular sepanjang sekitar 4 meter itu mengatakan, awal kali ditemukan ular dalam keadaan melingkar di bawah semak-semak daun jati kering. Ular yang ditangkap beramai-ramai itu rencananya akan dikembalikan ke habitatnya jika tidak ada petugas penangkaran hewan yang mengambil.

"Awalnya mau ambil rumput, tiba-tiba ada ular besar yang melingkar di dalam semak belukar," ujar Kholis, Minggu (9/4/2017).

Saat ini ular berwarna coklat dengan motif bunga itu diamankan warga dengan dimasukkan ke dalam karung. Hal itu dilakukan agar tidak memakan korban.

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, ular tersebut menjadi tontonan warga sekitar. Tidak sedikit yang merasa penasaran dan ingin melihat langsung hewan reptilia tak berkaki dan bertubuh panjang itu.

"Jika tidak ada yang mengambil dari pihak pemerhati hewan, rencananya akan kita kembalikan ke habitatnya," imbuh warga lain, Sugianto. [rof/col]