Usir Penyakit Kuning, Petani Kerek Andalkan Abu Dapur

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Petani padi di kawasan Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, banyak yang mengandalkan Abu Dapur (Awu) sebagai alternatif untuk mengobati tanaman padi yang terserang penyakit daun menguning atau merah.

Hal itu sudah dilakukan oleh para petani sejak dulu bahkan sudah turun temurun, dan terbukti ampuh, untuk megusir penyakit menguning ataupun merah pada tanaman padi.

Salah satu petani yang telah sering menggunakan Abu dapur untuk mengusir penyakit Yantono (34) mengatakan, Abu dapur ini sudah sejak turun-temurun digunakan untuk mengobati tanaman padi yang terserang penyakit, khususnya di Kecamatan Kerek.

"Petani banyak yang merasakan manfaat dari abu dapur, karena terbukti ampuh mengusir penyakit kuning dan merah," kata petani asal Desa Jarorejo tersebut.

Masih kata Yantono, menurutnya tanaman padi miliknya yang saat ini berumur satu bulan terserang penyakit daun menguning, sehingga saya sebar abu dapur ketanaman padi, agar penyakit tersebut segera hilang.

Kali ini, Sabtu (8/4/2017) petani yang memiliki seperempat hektar tanaman padi itu mencampurkan abu dapur dengan pupuk organik, "Kali ini saya campur dengan pupuk organik, tapi biasanya hanya pakai abu dapur saja," tambahnya.

Setelah itu, baru sekitar satu minggu atau penyakit sudah agak mendingan, baru diberi pupuk urea atau yang lainya.[hud/ito]