Diskoperindag: Usaha di Tuban Bisa Jadi Pemain UMKM Go-Online
Reporter: Dwi Rahayu
 
blokTuban.com - Perkembangan teknologi informasi di bidang pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kian berkembang pesat. Untuk itu, Kabid UMKM Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Tjatoer Enggar P berpendapat, UMKM Tuban bisa menjadi pemain dalam bisnis e-commerce dalam program UMKM Go-Online.
 
"Gerakan  100.000  UMKM Go-Online diharapkan mampu mempercepat visi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia, dengan penekanan pada kekuatan UMKM lokal Tuban yang mampu menjadi pemain di dalamnya," kata Tjatoer, Kamis (31/3/2017).
 
Sebagaimana diketahui, manfaat bagi masyarakat dari Gerakan Peng-online-an 100.000 UMKM adalah memberikan beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM. Jaringan pemasaran hingga antar kota, pulau bahkan luar negeri bukan tidak mungkin terwujud dengan teknologi digital.
 
“Dengan begitu, ke depan pangsa pasar produk lokal Tuban akan lebih cepat dikenal,” ungkapnya.
 
Sedangkan yang mengikuti Gerakan 100.000 UMKM Go Online  adalah mereka yang menikmati distribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbesar dalam 1 x 24 jam, Inkorporasi Rumah Kreatif BUMN (RKB), transformasi dari unbanked ke banked (financial inclusion), serta kesempatan membuat NPWP serentak untuk seluruh pelaku UMKM yang akan dionlinekan. [dwi/col]