Lakukan Sosial Mapping, Sarbumusi Tentukan Potensi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Puluhan pengurus Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tuban melakukan mapping sosial untuk menentukan potensi Kabupaten Tuban, Sabtu (11/3/2017).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengajukan beberapa rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam penyiapkan sumber daya manusia (SDM), maupun sumber daya alam (SDA) yang ada.

"Sarbumusi akan mencoba melakukan mapping sosial sebagai tindak lanjut audiensi bersama Sekda beberapa waktu lalu," kata Ketua Sarbumusi Irhamsyah, kepada blokTuban.com, Sabtu (11/3/2017).

Dijelaskan Irhamsyah, ada beberapa aspek yang dianalisa untuk menghasilkan rekomendasi yang akan disampaikan nantinya. Diungkapkan dia, pemetaan potensi terkait dengan lahan yang digarap warga, maupun SDM warga Tuban.

"Tujuannya, penyiapkan calon tenaga kerja (Naker) bagi usia produktif dan pemberdayaan masyarakat bagi yang tidak masuk kualifikasi sebagai pekerja," ungkap Irhamsyah dalam paparan singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, Sarbumusi mendatangi Kantor Pemkab Tuban, Kamis (23/2/2017). Kedatangan mereka untuk hearing bersama Sekretaris Daerah (Sekda) dan pihak dinas yang menangani tenaga kerja untuk membangun sinergitas. [rof/rom]