Musim Ini, Panen Padi di Desa Padasan Menurun Drastis
Reporter: Khoirul Huda
 
blokTuban.com - Musim panen padi yang dilakukan oleh para petani tadah hujan di Desa Padasan, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban mengalami penurunan hingga 70 persen dibandingkan dengan musim panen tahun lalu.
 
Berdasarkan dari informasi yang diperoleh blokTuban.com dari petani di desa tersebut, penurunan hasil panen dipengaruhi oleh faktor cuaca. Pada musim tanam kemarin, mulai tanaman berumur sekitar satu minggu hingga satu bulan tidak pernah diguyur hujan sama sekali.
 
"Rata-rata hasil panen padi di Desa Padasan menurun," kata salah satu petani sekaligus perangkat desa padasan Dasmani (60), Kamis (9/3/2017).
 
Ia mengaku, pada musim-musim sebelumnya, lahan tadah hujan di Desa Padasan seluas satu hektare bisa panen hingga 4 ton, namun musim ini hasil panen hanya sekitar 1 ton. Lebih lanjut Dasmani menjelaskan, penurunan hasil panen bukan dikarenakan hama atau penyakit, melainkan faktor cuaca.
 
"Penurunan hasil panen itu bukan dikarenakan hama atau pun penyakit," jelasnya.
 
Terpisah, Widayat Kasi Pertanian dan Pengairan di Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek mengaku, panen yang dilakukan oleh para petani di Desa Hargoretno justru musim ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.
 
"Dulu tanaman padi banyak yang terserang penyakit dan hama, namun kali ini hasil panen bagus," ujarnya.[hud/lis]