Persebaran HIPPAMS di Tuban Belum Merata

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum dan Sanitasi (HIPPAMS) yag ada di Kabupaten Tuban belum sepenuhnya merata. Pasalnya masih ada beberapa kecamatan yang memiliki banyak HIPPAMS, sementara lainnya baru sedikit bahkan ada kecamatan yang tak memiliki HIPPAMS.

Ketua Asosiasi HIPPAMS Ronggolawe (Asparow) Tuban, M Sulton mengatakan, dua kecamatan mendominasi terdapat HIPPAMS. Kedua kecamatan tersebut yakni Kerek dan Montong. Rata-rata dalam dua kecamatan tersebut terdapat 5 hingga 7 HIPPAMS.

 "Belum semua ada HIPPAMS, utamanya Kecamatan Parengan, Singgahan dan Jatirogo masih kesulitan sumber air," kata Sulton, Rabu (1/3/2017).

Informasi yang diterima blokTuban.Com saat ini tercatat 108 HIPPAMS di bawah Asparow. Namun, kemungkinan besar masih terdapat HIPPAMS belum semua terdata. Terlebih HIPPAMS yang dibentuk atas APBD tahun anggaran 2016.

"Yang baru (HIPPAMS, red) pembangunan 2016 belum dikoordinasikan dengan dinas terkait, karena yang dulu sudah pindah wewenang," kata Sulton kepada blokTuban.com.

Diketahui saat ini Maslaah air bersih dan sanitasi berada di bawah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) yang baru terbentuk.

"Rata-rata tiap kecamatan ada 5 HIPPAMS. Sedangkan di wilayah sulit sumber air baru terdapat satu atau dua HIPPAMS," pungkasnya. [dwi/col]