Diduga Tanpa Koordinasi, Warga Pakel Protes Bego Melintas

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Warga Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban memprotes adanya alat berat yang melintas di akses jalan pertanian desa setempat. Protes warga tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya alat berat jenis bego tersebut diduga melintas tanpa ada koordinasi dengan warga sekitar.

Mereka memprotes keras karena selain tidak ada koordinasi, akses pertanian yang setiap beberapa minggu sekali diperbaiki oleh warga secara gotong royong itu mengalami kerusakan.

Salah satu warga Damam, kepada blokTuban.com mengatakan entah sudah ada izin atau tidak ia kurang mengerti, yang pasti koordinasi dan rembukan bersama warga sekitar yang biasa memelihara jalan tersebut belum ada.

"Tiba-tiba sekitar pukul 21.00 WIB, bego tiba di akses jalan pertanian, serta orangnya tidak ada yang dari warga Pakel," ujar Damam kepada blokTuban.com, Rabu (1/3/2017).

Terpisah, warga lain Sholikin (50) mengaku, sebelumnya ia tidak tahu tentang akan adanya alat berat yang melintas akses pertanian tersebut. Ia juga menyayangkan sikap dari pihak pemilik bego karena tidak berkoordinasi dengan warga sekitar.

"Percuma jalan akses pertanian itu kita perbaiki secara gotong-royong, sedangkan bego tersebut melintas," kata Sholikin.

Dari informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, alat berat tersebut melintas dan akan melakukan penambangan pasir di kawasan ladang pertanian atau kurang lebih 2 kilometer dari permukiman warga.[hud/col]